Samsung Galaxy Spica Android 2.1 Lambat

08Jan11

Kalau Samsung Galaxy Spica Android 2.1 anda lambat, maka matikan wall paper anda selain menggunakan wallpaper default dari Samsung.

Pertama perkiraan saya sewaktu Samsung Spica Android 2.1 saya lambat adalah karena terlalu banyak task yang di jalankan. Saya menggunakan Advanced Task Killer Free untuk membunuh task yang berjalan tanpa sepengetahuan saya. Aplikasi yang suka berjalan sendiri tanpa setup untuk mematikannya adalah Yahoo Mail, Yahoo Messenger, Colornote.

Home yang lambat, scroll screen kiri kanan lambat, browser yang lambat browser bookmarks yang lambat menampilkan bookmark, back juga lambat, semua aplikasi loading nya lambat.

Saya install Angry Bird, karena itu adalah game yang paling banyak di download. Ternyata, loading lambat sekali, game play yang lambat.

Lalu saya searching di internet, ternyata banyak sekali yang complain mengenai Samsung Spice menjadi lambat dengan Android 2.1. Versi Samsung Spica yang saya gunakan adalah:
Model Number GT-I5700
Firmware Version 2.1-update1
Baseband version I570EDXJC2
Kernet version 2.6.29 chad.lee@SE-S604 #2
Build number ECLAIR.DXJC4

Pantheon adalah default manajemen dan home screen Samsung untuk Galaxy Spica, yang tidak default dari Android. Sehingga timbul ide saya untuk mematikan Mabilo Wallpapers yang saya gunakan.

Dengan Advanced Task Killer Free, saya ke setting dan ubah konfigurasi nya untuk otomatis kill task setiap satu jam. Samsung Galaxy Spica saya sekarang sudah tidak lambat.

Mungkin hal inilah salah satu sebab Samsung Galaxy Spica tidak dapat upgrade ke versi lain Android dari pabrikan Samsung. Teman saya yang menggunakan HTC Legend seharga 6 juta, baru mengupgrade ke Android 2.2 Froyo dengan WIFI. Dari Settings di Android 2.1 HTC Legend, About Phone, terdapat System software update.

Memang benar kata pepatah, ada harga ada barang.

Artikel terkait:



7 Responses to “Samsung Galaxy Spica Android 2.1 Lambat”

  1. 1 titin

    tanya boleh gak?
    aku juga pakai galaxy spica udah hampir 9 bulan terakhir ini
    sejauh ini sih gak ada masalah

    tapi tiba2 kepikiran untuk merubah setting display screen – nya
    selama ini kan wallpaper dan aplikasi dalam menu selalu terbagi menjadi 3 bagian yang bisa discroll kiri-kanan
    jika aku mau membuatnya menjadi 1 layar saja seperti display hp pada umumnya gimana ya?
    jadi wallpaper cukup 1 layar dan aplikasi dalam menu continuous ke bawah (scroll ke bawah)
    sudah mencoba mencari di setting display dan online, tapi gak nemu2

    setting display yang ada di hp-ku hanya ada:
    – orientation/auto-rotate
    – brightness
    – animation
    – screen time out

    jikalau bisa membantu, makasih banget ya
    aku tunggu balasannya japri saja ke poohtitin@yahoo.com

    • Halo, keliatannya anda harus ganti launcher.
      Baru – baru ini saya upgrade ke Froyo Cyanogen.
      Tapi sekarang lagi bermasalah. android.acore nya minta di force close terus.
      Lagi mau di install ulang.

  2. 3 rina

    mau nanya nih,,kbtulan saya bru pake samsung galaxy spica,,,tp yang jadi kendala ketika saya membuka menu contact di slide favorite itu dbawahnya terdapat data frequently called,,,nah bagaimana cara menghapus data frequently called???mohon solusinya donk dbls ke imel:
    adcoolice505@yahoo.com

    • Waduh maaf nih, saya tidak pake Samsung Spica untuk telpon. Saya menggunakan Nokia E71 untuk telepon. Spica saya menggunakan kartu IM2 khusus untuk komunikasi data saja. Maklum baterai nya tidak awet. Mudah-mudah bisa cari informasinya di internet.

  3. salam,..mohon informasinya
    kebetulan pakai galaxy ace, cuman kenapa ya internet nya lambat banget, bener bene lambat, adakah setingan khusus yang harus dilakukan..?

    terima kasih

    • Internet lambat? spesifikasi nya sama dengan Samsung Galaxy Spica kah? Saya pakai IM2 bagus dimana-mana. Cuma tidak bisa untuk komunikasi suara. Dan memang Galaxy Spica saya hanya untuk data. Untuk komunikasi suara saya masih senang menggunakan Nokia E71.


  1. 1 Samsung Spica CyanogenMod Froyo 2.2 « Pohondigital's Blog

Leave a Reply

